Sabtu, 21 Februari 2009

[Aneh] Kapal Selam Inggris dan Prancis Tabrakan di Samudra Atlantik



--------------------------------------------------------------------------------

Terkuaknya tabrakan dua kapal selam canggih HMS Vanguard milik Inggris dan Le Triomphant Prancis memantik kemarahan publik kedua negara. Petaka tengah malam antara 3 dan 4 Februari lalu di Samudera Atlantik itu dianggap sebagai kecerobohan terbesar. Apalagi, masing-masing kapal sama-sama mengangkut bom nuklir yang bila disatukan setara dengan 1.248 bom penghancur Hiroshima pada akhir Perang Dunia II.
Begitu kapal berlabuh di negara masing-masing, politisi kedua negara langsung memberondongkan pertanyaan pedas kepada masing-masing petinggi kapal. Yang paling heboh terjadi di Inggris. Harian berpengaruh The Independent menulis di halaman depan; ''So, Admiral, what have you got to say about the nuclear submarine crash?'' ("Jadi, Laksamana, apa lagi yang akan Anda katakan tentang kecelakaan kapal selam nuklir?'').
Para politikus terutama menyoroti standar perlindungan salah satu kapal terbesar dengan berat 16 ribu ton dan panjang 150 meter itu. Yang terjadi di Prancis kurang lebih sama. Akibat benturan, kapal selam Prancis berberat 14.335 ton tersebut harus dibengkelkan sekitar empat bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar